TEKNOLOGI FINGERPRINT PADA SMARTPHONE

TEKNOLOGI FINGERPRINT PADA SMARTPHONE - Akhir-akhir ini kata fingerprint sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Teknologi fingerprint ini sekarang sudah digunakan pada hampir semua merk smartphone keluaran terbaru. Tapi, kenyatannya masih cukup banyak orang yang belum mengerti tentang teknologi fingerprint pada smartphone.

[caption id="attachment_148" align="aligncenter" width="300"]fingerprint pemindai sidik jari fingerprint pemindai sidik jari ar130405 / Pixabay[/caption]

Dibawah ini akan di bahas mengenai pengertian, keuntungan dan juga kerugian dari teknologi yang satu ini. Langsung simak pembahasannya berikut ini.

 

Pengertian Teknologi Fingerprint


Dalam bahasa Indonesia fingerprint berarti pemindai sidik jari. Pemindai sidik jari adalah sebuah teknologi yang berfungsi untuk menangkap gambar digital dari pola sidik jari. Setelah itu, teknologi ini akan melakukan suatu pemrosesan digital untuk membuat sebuah template biometric yang akan disimpan dalam smartphone tersebut. Template biometric inilah yang nantinya akan digunakan untuk mencocokkan sidik jari manusia dengan sidik jari yang sudah terekam dalam smartphone. Jika terbukti cocok, maka smartphone bisa digunakan. Namun jika tidak maka smartphone akan tetap terkunci.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dari smartphone dengan teknologi fingerprint ini. Berikut akan dibahas tentang beberapa keuntungan dari adanya teknologi fingerprint pada smartphone.

Keuntungan Adanya Teknologi Fingerprint

  • Tingkat keamanan yang tinggi


Sidik jari semua orang pasti berbeda. Oleh karena itu, dengan adanya teknologi fingerprint ini sudah dapat dipastikan bahwa smartphone akan aman dari gangguan orang yang tidak diinginkan. Sehingga, Anda tidak perlu takut ada yang bisa mengakses smartphone tanpa sepengetahuan Anda.

  • Mudah digunakan


Teknologi fingerprint ini sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu menempelkan sidik jari yang telah terdaftar pada smartphone. Lalu, smartphone akan dengan mudah terbuka kuncinya.

  • Tampilan lebih berkelas


Kebanyakan orang  menganggap smartphone dengan teknologi fingerprint ini memiliki kesan mahal dan elegan. Karena masih jarang orang yang memiliki smartphone dengan teknologi fingerprint, maka penampilan akan terlihat jauh berbeda dan lebih berkelas.

  • Keamanan data terjamin


Data dalam smartphone akan lebih aman dengan adanya teknologi fingerprint ini. Hal ini dikarenakan tidak sembarang orang bisa membuka dan menggunakan smartphone Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi ragu dan khawatir data akan dicuri oleh orang lain.

  • Selfie


Teknologi fingerprint ini akan memudahkan Anda saat berselfie. Pasang pose terbaik Anda lalu letakkan jari pada sensor fingerprint. Seketika itu juga kamera akan mengabadikan momen selfie terbaik Anda.

  • Mematikan alarm


Jika dengan smartphone biasa, Anda harus melihat dan juga mencari letak non-aktif alarm. Hal ini tidak perlu dilakukan jika memiliki smartphone dengan fitur fingerprint. Anda cukup meletakkan jari pada sensor fingerprint kemudian alarm akan langsung mati.

  • Menghapus notifikasi pada layar


Bagi sebagian orang, notifikasi yang banyak dan menumpuk sangatlah mengganggu, contohnya seperti banyaknya chat yang belum terbalas, telepon yang tidak terjawab, dan pemberitahuan yang lainnya yang sudah berbaris rapi pada panel notifikasi di atas layar.

Tapi, hal ini bisa diatasi dengan mudah apabila Anda memiliki smartphone dengan fitur fingerprint. Caranya yaitu cukup geser jari ke bawah ke bagian sensor fingerprint dan ketuk dua kali untuk membersihkan semua notifikasi yang ada.

Ada keuntungan pasti ada kerugian yang timbul. Di bawah ini akan di ulas mengenai beberapa kerugian yang timbul dari adanya teknologi fingerprint pada smartphone.

Kerugian Adanya Teknologi Fingerprint

  • Dapat diduplikasi


Menurut hasil penelitian, sidik jari manusia ternyata bisa diduplikasi. Cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk menduplikasi sidik jari manusia. Hasil duplikasi tersebut bisa digunakan untuk membobol system fingerprint pada samrtphone Anda. Dengan begitu data-data yang Anda miliki dapat dengan mudah dicuri oleh orang lain.

 

  • Tidak dapat diubah


Sidik jari yang sudah terekam dalam system fingerprint tidak dapat diubah. Oleh karena itu, hanya pengguna smartphone tersebut yang bisa mengaksesnya. Hal ini dinilai agak merepotkan oleh sebagian orang. Contohnya, saat sidik jari kita berhasil diduplikasi maka orang tersebut bisa dengan leluasa menggunakan smartphone kita.

  • Sensor yang bermasalah


Tidak selalu system fingerprint ini berjalan mulus. Terkadangan sensor fingerprint ini mengalami kerusakan. Selain itu, saat jari kita terluka maka sensor fingerprint ini tidak dapat menangkap gambar sidik jari kita dengan mudah karena terhalang oleh luka maupun perban. Kedua hal ini seringkali membuat sensor bermasalah sehingga tidak dapat mengenali sidik jari.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian teknologi fingerprint pada smartphone. Menjaga keamanan data pada smartphone memang penting, namun tetap perhatikan dengan baik cara yang akan digunakan.

    Semoga bermanfaat

 

Belum ada Komentar untuk "TEKNOLOGI FINGERPRINT PADA SMARTPHONE"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel