OBAT SAKIT GIGI BERLUBANG

OBAT SAKIT GIGI BERLUBANG-Penyakit yang satu ini sudah pasti tidak asing lagi di telinga semua orang. Ya…namanya adalah sakit gigi. Tentunya, hampir semua orang pernah mengalami apa yang dinamakan sakit gigi. Kondisi ini bisa menjadi sesuatu yang sangat mengganggu. Mulai dari susah untuk mengunyah makanan, rasa ngilu pada gigi, nyeri pada gusi, sakit kepala dan masih banyak hal-hal lain yang dapat terganggu karena adanya penyakit ini.

Sakit gigi seringkali terjadi karena hal yang sepele seperti, tidak rajin menggosok gigi, terlalu banyak makan makanan yang manis, dan juga minum minuman yang terlalu panas atau dingin. Selain itu, ada juga penyebab lain yang tidak kalah pentingnya, cara menggosok gigi yang salah bisa menjadi penyebab penyakit yang satu ini.

Jika sakit gigi ini semakin parah, maka ada baiknya untuk pergi ke dokter gigi. Namun, bagi Anda yang takut untuk pergi ke dokter gigi tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara alami untuk mengobati penyakit ini.  Berikut adalah beberapa cara untuk mengobati sakit gigi berlubang secara alami, yaitu :

  • Garam


Garam dinilai sebagai obat sakit gigi yang cukup ampuh. Cukup melarutkan garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk berkumur.

  • Bawang Putih


Senyawa antiseptic yang dimiliki oleh bawang putih mampu mengobati sakit pada gigi yang berlubang. Caranya sangat mudah, yaitu dengan meletakkan satu suing bawang putih pada gigi yang sakit atau berlubang. Lakukan cara tersebut selama 7 menit. Kemudian keluarkan bawang putih dan berkumur dengan air hangat.

  • Bawang Merah


Sama seperti bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan untuk mengobati sakit pada gigi berlubang. Siapkan satu suing bawang merah lalu memarkan. Letakkan bawang merah tersebut pada bagian gigi yang berlubang atau sakit. Setelah selesai, berkumurlah dengan air hangat atau dingin.

  • Sereh


Sereh atau yang banyak dikenal dengan sebutan serai juga dapat digunakan untuk mengobati gigi berlubang. Caranya cukup simple yaitu dengan merebus 40 gram daun sereh segar dalam 2 gelas air. Tunggulah sampai air rebusan tinggal setengah panci. Kemudian berkumurlah dengan air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

  • Merica


Sejak dulu merica memang sudah dikenal sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan sakit pada gigi berlubang. Cara menyembuhkan sakit pada gigi berlubang dengan merica ini sangat mudah. Pertama, campurkan merica dengan garam. Lalu, teteskan air pada campuran merica dan garam hingga terbentuk pasta. Setelah itu, oleskan pada gigi yang sakit atau berlubang dan diamkan selama beberapa menit. Cara ini bisa dilakukan setiap hari sampai gigi tidak terasa sakit atau nyeri.

  • Daun Cengkeh


Cengkeh yang dikenal sebagai bahan pembuat rokok ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati sakit pada gigi yang berlubang. Cucilah beberapa helai daun cengkeh, seduh dengan air mendidih, lumatkan. Lalu, peras dengan kain. Kemudian, basahi kapas dengan air perasan tersebut. Kompreskan pada gigi yang sakit atau berlubang.

  • Teh


Teh dapat membantu menghilangkan bakteri dalam mulut dan mengurangi rasa sakit untuk sementara. Tempatkan kantong the yang telah diseduh dengan air hangat pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan.

  • Air Kelapa


Air kelapa ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai antiseptic alami. Berkumurlah menggunakan air kelapa alami setiap setelah menggosok gigi.

 

  • Daun Jambu Merah


Daun jambu merah mampu meringankan rasa ngilu di gigi karena sifat anti-radang, analgesic, dan antimicrobial yang terkandung di dalamnya. Ada dua cara mudah memanfaatkan daun jambu merah ini untuk mengobati sakit gigi.

Cara pertama yaitu dengan mengunyah satu-dua lembar daun jambu merah sampai ekstraknya keluar. Kemudian, oleskan ekstrak daun jambu merah tersebut ke bagian gigi yang sakit menggunakan lidah. Cara yang kedua adalah dengan merebus empat sampai lima lembar daun jambu merah. Diamkan larutan tersebut selama beberapa menit hingga dingin. Lalu, tambahkan sedikit garam. Kemudian, berkumurlah dengan larutan daun jambu merah tersebut.

Walaupun rasa nyeri bisa diatasi secara alami namun, gigi berlubang yang sudah parah kondisinya harus segera mendapatkan perawatan medis dan obat-obatan. Berikut beberapa jenis obat-obatan untuk sakit gigi berlubang, diantaranya :

  • Ibuprofen


Ibuprofen dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang dan sakit gigi karena sebab lainnya. Obat ini dapat dengan mudah ditemukan dalam berbagai macam bentuk seperti kapsul oral, suntik, obat tetes, dan tablet kunyah.

  • Acetaminophen atau Paracetamol


Acetaminophen atau yang juga disebut dengan nama Paracetamol ini juga dikenal mampu mengobati rasa nyeri dan menurunkan panas. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit dan nyeri lainnya seperti, sakit kepala, nyeri otot,nyeri pungung, demam, flu, dan juga sakit pada gigi berlubang.

  • Asam Mefenamat


Asam Mefenamat mampu mengurangi rasa sakit pada gigi yang berlubang maupun sakit gigi yang ditimbulkan oleh sebab lainnya. Selain itu, obat ini juga dapat mengurangi peradangan pada gigi. Asam mefenamat cukup ampuh memblokir produksi prostaglandin (yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh).

  • Natrium Diklofenak


Sama seperti Asam Mefenamat, Natrium Diklofenak juga bekerja untuk memblokir atau meminimalisir produksi prostaglandin. Obat ini dapat mengobati kondisi arthritis, sakit gigi, dan nyeri setelah operasi bedah.

  • Naproxen Sodium


Obat ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot, serta sakit gigi.

  • Cataflam


Obat ini berguna untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Mulai dari cedera olahraga, sakit punggung, serta sakit gigi.

Selain obat-obatan tersebut, terdapat beberapa macam perawatan medis yang dapat dilakukan untuk mengobati rasa sakit pada gigi yang berlubang. Perawatan medis ini dilakukan jika obat-obatan tersebut sudah tidak bisa lagi menyembuhkannya. Adapun jenis perawatan medis yang dapat dilakukan sebagai berikut :

  • Fluoride


Pengobatan ini dapat dilakukan untuk membantu mengembalikan lapisan enamel gigi.

  • Penambalan gigi


Penambalan gigi berlubang dapat dilakukan saat kondisi sudah sangat parah. Proses ini dilakukan jika pembusukan sudah masuk ke lapisan gigi yang lebih dalam.

  • Mahkota gigi


Proses perawatan ini dilakukan untuk menggantikan mahkota alami gigi yang sudah rusak.

  • Perawatan akar gigi


Perawatan yang satu ini dilakukan untuk mengatasi kerusakan atau infeksi pada gigi yang kondisinya sudah parah.

  • Pencabutan gigi


Perawatan medis ini dilakukan pada gigi yang sudah tidak bisa untuk dirawat lagi, satu-satunya jalan adalah pencabutan gigi. Pencabutan gigi juga dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri dan infeksi lainnya.

 

Nah…itulah tadi beberapa solusi untuk mengobati sakit gigi berlubang. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan, “lebih baik mencegah daripada mengobati” maka ada baiknya agar kita menjaga kebersihan mulut dan gigi agar terhindar dari penyakit ini.

Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "OBAT SAKIT GIGI BERLUBANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel