Kepercayaan diri

Sering Tidak Percaya Diri? Berikut Tips Jitunya


Momen-momen tertentu seseorang, secara tidak langsung, dipengaruhi oleh kemampuan mentalnya. Apalagi jika berbicara mental kepercayaan diri.



Kepercayaan diri memang selalu menjadi bahan pembahasan dalam berbagai tips untuk menghadapi polemik di dalam realita kehidupan. Bahkan kepercayaan diri sudah menjadi persyaratan dalam mengikuti berbagai ajang serta persyaratan jika akan melamar pada suatu perusahaan. Belum lagi jika kalian adalah seorang remaja yang harus berhadapan dengan keluarga besar mertua.. sudah dipastikan kepercayaan diri menjadi modal utama yang membuka jalan keberhasilan. Biasanya seseorang yang tidak berani atau pemalu disebabkan oleh faktor seperti pola asuh keluarga ataupun trauma di masa lalu.



Berbagai pertanyaan dan topik pembicaraan tentang “mengapa saya begitu pemalu, mengapa saya sering merasa tidak percaya diri, mengapa saya menjadi seorang penakut” seringkali tidak benar-benar dipahami banyak orang. Tidak jarang seseorang tetap pada pendiriannya menjadi seseorang yang minim percaya diri (walaupun sebenarnya Ia ingin keluar dari kondisi tersebut). Padahal sikap ini tidak selamanya tepat atau dengan kata lain merugikan. Bayangkan jika setiap orang tidak memiliki kepercayaan diri, tidak berani menunjukan dirinya atau bahkan tidak memiliki keberanian, tentunya akan banyak sikap pesimis yang mengelilingi kehidupan realita kita. Untuk itu diperlukan cara dalam menggugah semangat dan meningkatkan kepercayaan diri. Berikut tips yang dapat kamu terapkan agar dapat menjadi orang yang percaya diri:


Kenali Diri Sendiri


Tak jarang timbulnya rasa tidak percaya diri diakibatkan oleh kegagalan dalam mengenali diri pribadi. Seseorang yang cenderung mengabaikan kebutuhan psikis dan biologis tentunya mudah tidak percaya diri. Akibatnya mereka seringkali murung dan jarang bersosialisasi. Misalnya saja ketika akan pergi ke pesta, ada beberapa hal yang dapat membuat kalian menjadi menarik, misalnya menonjolkan rambut indah kalian, senyum kalian yang menggemaskan ataupun tingkah dan kemampuan membawa suasana yang penuh jenaka. Hal di atas dapat meningkatkan kepercayaan diri kalian tanpa harus mengubah apa yang sudah ada.


k


Ternyata kemampuan mengenali diri sendiri sangat baik secara psikis. Menurut Dr. Joe Vitale dalam buku the secrets, perasaan baik yang dirasakan dalam diri kita akan memancar ke alam dan memancar sekitar. Disebutkan juga bahwa pancaran tersebut dapat memberikan aura menarik pada diri seseorang . Hal ini tentunya akan memberi daya pikat sehingga orang lain akan merasa bahwa dirinya menarik. Tidak hanya itu, mengenali diri sendiri sama dengan mengetahui potensi-potensi diri. Potensi ini dapat membuat kita menarik dan mudah dikenali sebagaimana kita apa adanya (dengan ciri khas masing-masing).


Bangkitkan Self Confidence Lewat Pujian


Terkadang apa yang menjadi kebutuhan seseorang adalah dukungan melalui sebuah pujian dari orang terdekatnya. Siapa sangka jika memperoleh pujian dapat memberi dorongan besar bagi mental seseorang dari rasa malu dan tidak dihargai. Perasaan ini seolah memberikan siraman semangat agar seseorang tidak mudah kalah dan menyerah.


Puian pujian seperti “Wah kamu hebat, penampilanmu tadi benar-benar memukau, kau membuatku takjub” merupakan kalimat sederhana yang berdampak besar bagi seseorang. Itulah sebabnya artis ataupun musisi yang kita lihat di televise sangat jarang berhenti berkarya dan tampil percaya diri karena banyak mendapat dukungan dari keluarga, sahabat dan penggemar setianya.


Pujian memang berdampak baik dalam rangka memperoleh kepercayaan diri, tetapi tidak secara terus menerus. Pujian yang diberikan secara berlebihan justru membuat kita merasa sombong. Kepercayaan diri yang berlebihan mengakibatkan seseorang tidak mau mengalah dan mudah jatuh dalam kekecewaan. Sehingga perasaan rendah hati dan rasa kepercayaan diri harus diterapkan beriringan.


Bangkitkan Self Confidence Lewat Tulisan Orang Sukses


Secara tidak sadar, orang-orang yang sukses dan telah menulis buku memiliki pengalaman yang lebih dulu ketimbang kita, terutama berbicara masalah kepercayaan diri yang mungkin telah menjadi momok menakutkan bagi mereka dulunya. Mereka yang sukses telah melawan bahkan telah memiliki cara tersendiri dalam menghadapi masalah-masalahnya. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak percaya diri dan menyerah bagi mereka. Tulisan dan karya tersebut nantinya dapat membuka pola pikir dan merangsang semangat untuk maju demi kebaikan pribadi. Jadi, seseorang dapat memiliki gambaran bagaimana seharusnya dalam menghadapi masalah-masalah yang menurunkan kepercayaan dirinya.


Hal yang mungkin perlu dicatat adalah bagaimana memilih tulisan atau karya yang cocok dan mampu memberi kita dukungan yang tepat sasaran. Tentunya kalian perlu memilih karya orang sukses yang mudah dipahami dan dapat menjadi cerminan yang baik terutama masalah kepercayaan diri.


Berlatih Di Depan Cermin


Salah satu cara ampuh untuk mendapatkan kepercayaan diri adalah dengan berlatih bersama bayangan cermin. Cara ini sering menjadi trik jitu bagi mereka yang akan melakukan presentasi ataupun berbicara di hadapan banyak orang. Dengan memahami gerak-gerik tubuh, senyuman dan lirikan mata, maka seseorang secara tidak langsung berlatih memahami dirinya.


Walaupun ini terkesan cara lama, hal ini terkesan ampuh dalam meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya saja Gayatri Wailisa, seorang wanita dengan kemampuan banyak bahasa, ternyata sering mempraktikkan cara pengucapannya di depan cermin. Alhasil ia selalu berhasil memukau banyak orang melalui pidato multi bahasa.


Penuhi Kebutuhan Biologis


Dari sekian banyak cara di atas, cara ini mengarah pada kebutuhan yang penting. Kebutuhan tersebut meliputi kebutuhan gizi yang seimbang, tidur yang cukup dan berolahraga. Lantas apa hubungan kebutuhan tersebut dengan peningkatan kepercayaan diri?


Tentu permasalahan yang menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri tidak hanya berasal dari psikis melainkan biologis. Hal ini yang menyebabkan kebutuhan biologis menjadi sarana yang memengaruhi sikap percaya diri. Misalnya saja jika seseorang kekurangan jam tidur, sudah dapat dipastikan tubuhnya kelelahan, dan matanya sembab. Akibatnya citra penampilan yang bagus menjadi tidak menarik karena kurang tidur. Tidak hanya itu, kebutuhan olahraga untuk menunjang kebugaran juga sangat penting. Olahraga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keaktifan seseorang. Tentunya kebutuhan biologis menjadi sangat penting untuk dapat meningkatkan percaya diri.


Jangan Takut Salah


Alasan mengapa seseorang seringkali kehilangan percaya dirinya adalah karena sebuah kesalahan. Kesalahan pada hakikatnya memang dapat membuat trauma tersendiri. Apalagi jika kesalahan tersebut disaksikan oleh banyak orang, pastinya akan menimbulkan pengalaman yang buruk bagi mental seseorang. Misalnya saja ketika seorang anak jatuh dari sepeda di depan umum lalu ditertawakan oleh temannya , mereka telah menyebabkan trauma bagi si anak tersebut.


Namun rasa bersalah memang tidak dapat dihindari. Semua orang pernah mengalaminya. Tetapi dari kesalahan tersebut seseorang perlu belajar dan memahami bahwa kesalahan adalah sesuatu yang wajar. Kesalahan perlu dikonotasikan positif sebagai ajang mencapai sesuatu yang lebih baik dan agar tidak terulang kembali.



Referensi :


Bryne, Rhonda, Dkk. 2011. The secrets. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama (ISBN-10: 979-22-3088-2)


Wibowo, Timothy. 2012. 7 Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak. Diakases melalui http://www.pendidikankarakter.com/wp-content/uploads/7-Cara-Meningkatkan-Rasa-Percaya-Diri-Anak.pdf pada 22 Juni 2018

Belum ada Komentar untuk "Kepercayaan diri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel