Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat - Hampir semua orang pasti pernah mengalami masalah kulit yang satu ini. Namanya adalah jerawat. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering sekali terjadi. Wajah yang berjerawat seringkali membuat orang merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman. Semua orang pasti ingin menghilangkannya dengan cepat. Tapi sayangnya, jerawat terkadang susah untuk dihilangkan.

Banyak cara yang sudah dilakukan untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Mulai dari perawatan facial ke salon hingga menggunakan beragam merk produk perawatan wajah. Namun, tetap saja jerawat masih menempel pada wajah.

Ada beberapa alternatif yang bisa dilakukan dengan mudah untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Berikut akan dibahas beragam alternatif cara menghilangkan jerawat secara alami :

Kulit Jeruk


Kulit jeruk ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kulit jeruk mengandung vitamin A dan C, flavonoid dan antioksidan yang tinggi. Kulit jeruk dinilai ampuh mengecilkan pori-pori yang terbuka, menghilangkan noda, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan juga menyegarkan kembali kulit yang kusam.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengeringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari. Lalu, tumbuk halus dan campurkan air secukupnya. Kemudian, oleskan pada wajah dan diamkan  selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Mentimun


Mentimun terbukti ampuh membasmi jerawat pada wajah yang membandel. Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Selain itu, mentimun juga mengandung vitamin A, B, dan C, magnesium, kalium, mangan, dan silica. Mentimun juga memiliki sifat antidiuretik, efek mendinginkan dan membersihkan wajah.

Pengaplikasiannya pun cukup mudah. Cukup iris tipis-tipis mentimun lalu letakkan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lidah Buaya


Lidah buaya memiliki senyawa polifenol yang berfungsi sebagai antibakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah. Caranya dengan mengambil daging lidah buaya lalu menghaluskannya hingga berbentuk gel. Lalu, oleskan pada wajah. Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Tomat


Tomat kaya akan vitamin A dan C yang dinilai mampu membasmi jerawat. Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengaplikasikannya. Cara yang pertama yaitu dengan mengiris tipis-tipis tomat yang telah di cuci bersih lalu meletakkannya pada wajah. Cara yang kedua adalah dengan memblender satu buah tomat yang sudah di cuci bersih. Setelah itu, oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Pisang dan Kunyit


Campuran kedua bahan ini ternyata ampuh membasmi jerawat pada wajah. Pisang banyak mengandung lektin, antioksidan, potasium, dan vitamin E. Kandungan tersebut mampu membuat wajah tampak lebih cerah dan lembab. Selain itu, kandungan lektin pada pisang mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kunyit banyak mengandung kurkuminoid yang bisa mengobati peradangan akibat jerawat pada wajah.

Yang pertama kali harus dilakukan yaitu menghaluskan satu buah pisang. Kemudian, tambahkan satu sendok makan bubuk kunyit dan setengah sendok makan soda kue. Aduk hingga rata lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat. Jika kulit wajah terasa kering setelah memakai masker ini, disarankan untuk mengaplikasikan pelembab wajah.

Lemon


Lemon mengandung asam askorbat-L yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya yaitu mampu mencerahkan sekaligus mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah akibat jerawat, membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat, dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Cukup siapkan satu buah lemon lalu potong menjadi dua bagian. Setelah itu, peras buah lemon sampai keluar airnya (sari buahnya). Oleskan pada wajah. Tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Jika tidak ingin terlalu encer, bisa ditambahkan satu sendok makan madu kedalamnya.

Jeruk Nipis


Mirip dengan lemon, jeruk nipis ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan jerawat secara alami. Cara pengolahannya pun hampir sama. Cukup sediakan satu buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua bagian. Campurkan dua sendok makan madu lalu aduk rata. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat.

Yogurt dan Madu


Yogurt dikenal memiliki kandungan bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi di dalamnya. Kandungan ini dinilai ampuh membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Cara pengolahannya pun cukup sederhana yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan madu dengan dua sendok makan yogurt lalu aduk rata. Oleskan masker ini pada wajah. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Alpukat dan Madu


Menurut penelitian, Alpukat kaya akan vitamin E. Vitamin E inilah yang mampu meredakan peradangan pada kulit wajah akibat jerawat. Madu mengandung hydrogen peroksida yang bersifat anti bakteri. Dengan campuran kedua bahan ini, kita bisa dengan mudah menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya yaitu ambillah setengah bagian alpukat lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalamnya, aduk hingga rata. Aplikasikan masker ini pada wajah selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Es Batu


Es batu sering kita jumpai kapanpun dan dimanapun. Ternyata, es batu juga cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat yang membandel. Es batu dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat, pembekuan pori-pori yang terbuka, membunuh bakteri, mengurangi tumpukan minyak dan menghilangkan kotoran pada kulit. Efek-efek tersebut sangat penting untuk menghilangkan jerawat secara alami.

Caranya cukup mudah yaitu bungkus sepotong kecil es batu dengan kain bersih. Tempelkan pada jerawat selama beberapa detik. Ulangi proses itu berulang kali sampai es batu mencair. Lakukan cara ini secara rutin sampai jerawat tidak terlihat lagi.

Madu


Madu dikenal sebagai obat herbal yang bisa dijadikan sebagai obat penghilang jerawat. Madu memiliki zat antibiotic yang bisa mencegah infeksi serta mempercepat proses penyembuhan pada kulit. Cukup oleskan madu pada kapas lalu tempelkan pada jerawat selama 30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air. Perlu diperhatikan bahwa madu tidak cocok untuk kulit yang sensitif.

Soda Kue


Soda kue atau yang lebih dikenal dengan nama baking soda ternyata bisa juga digunakan sebagai obat penghilang jerawat secara alami. Soda kue ini bermanfaat untuk menyeimbangkan pH pada kulit wajah. Hal ini berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat. Tidak hanya itu, soda kue juga bisa dijadikan sebagai anti septic dan anti inflamasi untuk menyembuhkan jerawat yang membandel.

Caranya sangat mudah. Campurkan dua sendok makan soda kue dengan air, aduk rata sampai mengental. Aplikasikan masker ini selama 15 menit pada wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah selesai menggunakan masker ini, bilas dengan air hangat. Jika kulit wajah terasa kering setelah pengaplikasian masker ini, disarankan untuk memakai pelembab wajah.

    Nah…itulah tadi beberapa cara dan bahan alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Ada baiknya untuk selalu menjaga kebersihan wajah agar terhindar dari jerawat dan masalah kulit lainnya.

    Semoga bermanfaat  

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel